Berita

TIPS SEHAT SELAMA LIBURAN

Oleh : Susilawati, SKM

Berlibur diantara kesibukan harian memberi begitu banyak manfaat pada diri seseorang apalagi jika kita bisa sehat selama liburan. Bukan hanya menyeimbangkan hidup, tapi juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Kegiatan liburan dapat melepas hormon kortisol yang kerap menjadi biang keladi stres sehari-hari. Selain itu saat liburan juga bukan berarti kamu bebas mengkonsumsi makanan dan minuman apapun serta melakukan kebiasaan tidak sehat lainnya. Supaya tubuh tetap fit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berlibur.

  1. Perhatikan asupan makanan

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika makan diluar, pastikan tempat makannya bersih dan tetutup, tidak terpapar debu dan kotoran yang membawa kuman penyakit. Perhatikan juga batasan makanan dan hindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan, terutama pencernaan.

  • Penuhi kebutuhan Cairan

Jangan lupa membawa bekal air minum pada saat melakukan perjalanan. Saat melakukan aktifitas yang tinggi selama liburan, tubuh akan lebih banyak membutuhkan air. Saat kamu kurang minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kamu kurang konsentrasi, lemas, mudah mengantuk hingga sakit kepala. Pastikan anda mengonsumsi air putih delapan gelas perhari (dua liter) dan kurangi asupan minuman bersoda atau minuman manis.

  • Olahraga Ringan

Agar tetap sehat, sempatkan untuk selalu berolahraga di tengah liburanmu. Olahraga ringan saja sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar. Anda bisa melakukan peregangan ringan saat bangun tidur atau sebelum melaksanakan aktifitas. Berjalan kaki juga merupakan pilihan olahraga yang paling tepat di tengah liburan. Ayo, lawan rasa malasmu dengan waktu 30 menit saja untuk berolahraga.

  • Tidur Cukup

Pernahkah kamu merasa sangat bersemangat hingga sulit untuk tidur? Perasaan yang menggebu-gebu pasti akan menyelimuti perjalanan liburan kamu dan keluarga. Namun kamu harus tetap tidur untuk menjaga agar tubuh selalu fit selama liburan. Pada saat tidur tubuh akan melakukan proses dan mengisi energi sehingga kamu lebih segar dan berenergi keesokan harinya. Selain itu berdasarkan penelitian, tidur setidaknya 6 jam perhari akan mengurangi resiko kematian hingga 14 tahun kedepan.

  • Hindari Stres

Tujuan liburan adaah untuk membuat hati menjadi tenang dan bahagia. Macet dan kondisi tak mengenakan lainnya memang tak bisa hindari, namun jangan sampai anda ikut terbawa stres. Sering-seringlah menarik nafas agar pikiran tetap tenang dan selalu ingat bahwa liburan adalah untuk merefresh diri agar lebih baik lagi dan bukan untuk membuat menjadi terbebani.

            Selain beberapa tips diatas, jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan yang biasa anda konsumsi sebelum pergi. Ini penting untuk antisipasi jika anda atau salah satu anggota keluarga mengalami sakit selama perjalanan. Semoga tips ini bermanfaat, selamat menikmati liburanmu.

Sharing is caring!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hati-Hati,  Lindungi Anak dan Remaja dari Target Pasar Industri Rokok

Oleh : Nur Handayani, S.KM  Tingginya angka perokok di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bangsa Indonesia. …

Dampak Perubahan Iklim pada Kesehatan Lansia: Ancaman yang Tak Terlihat

Oleh : Arifah B, SKM Perubahan iklim memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan, baik secara langsung maupun tidak …

Kembali Fit Setelah Ramadan dan Lebaran

Oleh : Kristiriyandini, SKM Selama sebulan puasa dibulan ramadhan, umat islam mengalami perubahan pola makan dan perubahan …

Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Puasa

By : Nur Handayani, S.KM Tidak Terasa, kita sudah akan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Persiapan apa nih yang sahabat …

Menyambut Hari Tuberkulosis Sedunia: Tantangan dan Tips Berpuasa bagi Pasien Tuberkulosis selama Bulan Ramadan

Oleh : Shukhalita Swasti Astasari, S.KM Tuberkulosis berada di peringkat ke-13 sebagai penyebab kematian, sementara termasuk …