Berita

Asma Pada Ibu Hamil

Asma Pada Ibu Hamil

Kehamilan adalah suatu kebahagiaan untuk seorang ibu. Keluhan umum yang sering terjadi pada ibu hamil adalah sesak napas. Sesak nafas ini biasanya terjadi pada masa trimester ketiga dari periode kehamilan. Sesak nafas yang terjadi pada masa kehamilan ini disebabkan karena bayi yang ada di dalam perut ibu hamil sudah semakin besar dan mendorong bagian bawah diafragma, sehingga ibu hamil akan bernafas lebih cepat dari biasanya. Lalu bagaimana bila ternyata sesak napas sering terjadi dan secara tiba-tiba?hal itu bisa jadi ibu hamil tersebut mengalami serangan asma. penyakit asma merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap muncul secara tiba-tiba, bahkan penyakit ini akan muncul pada masa kehamilan walaupun seorang ibu hamil tidak memiliki riwayat asma pada sebelumnya. Akan tetapi, hal ini bukan berarti setiap kehamilan pasti mengalami asma pada kehamilan. Karena setidaknya ada 8% ibu hamil yang kemungkinan mengalami asma selama kehamilannya.
Penyakit asma merupakan kelainan peradangan jalan nafas menahun. Gejala utamanya penyumbatan jalan nafas akibat kontraksi otot polos bronkus, produksi lendir yang berlebihan dan pembengkakan lapisan dalam (mukosa) jalan nafas.

Efek kehamilan pada ibu yang menderita asma :
• Banyak wanita hamil dengan asma ringan tidak terganggu oleh asma selama kehamilan, namun mereka masih harus minum obat secara teratur dan diperiksa secara teratur.
• Selama kehamilan sekitar 30% dari wanita hamil asmanya meningkat (lebih sering kambuh).
• Sekitar 50% dari ibu hamil dengan asma mengalami gejala asma yang memburuk dan beberapa membutuhkan perawatan medis yang mendesak. Hal ini dimungkinkan, asma dapat kambuh selama kehamilan bahkan pada wanita yang tidak memiliki gejala asma sejak kecil.
Gangguan yang mungkin akan terjadi bagi ibu hamil yang tidak mendapatkan penanganan serius terhadap asma yang anda derita, antara lain gangguan oksigen untuk bayi, morning sickness, perdarahan vagina, tekanan darah tinggi dan protein dalam urin setelah 20 minggu kehamilan, penghambatan pertumbuhan janin, kesulitan dalam persalinan atau hingga mengalami kelahiran prematur dan juga mempengaruhi berat badan bayi anda setelah lahir.
Ibu hamil dengan asma dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai asma dan janinnya. Dengan mengontrol asma selama kehamilan akan mengurangi komplikasi kesehatan akibat asma yang diderita. Menjaga pola kehidupan yang sehat selama kehamilan sangat diperlukan untuk penderita asma. Cara terbaik adalah dengan melakukan disiplin diri baik selama mempersiapkan kehamilan atau masa kehamilan.
Berikut pola hidup sehat yang bisa diterapkan ibu hamil dengan asma :
• Membuat kunjungan dengan dokter untuk mendapatkan penangangan medis apabila asma kambuh sewaktu-waktu.Dokter akan membantu anda dalam meringankan kecemasan dalam diri anda yang memiliki resiko memicu asma memperparah keadaan anda.
• Minum obat sesuai dengan resep dokter untuk menghindari efek samping yang negatif terhadap perkembangan bayi anda
• Hindari paparan asap rokok dan iritasi potensial lainnya, seperti jamur, serbuk sari, debu dan bulu binatang. Apabila aktivitas fisik dapat memicu asma bagi anda, penyedia layanan kesehatan anda mungkin dapat merekomendasikan pengobatan untuk mengurangi gejala tersebut .
• Menghindari konsumsi makanan pedas dan asam yang akan memicu heartburn (kondisi panas pada perut)
• Biasakan untuk mengkonsumsi buah apel , kandungan dari buah apel yaitu flavonoid sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru anda.Anda dapat mengkonsumsinya minimal 4 kali dalam seminggu.
Dengan menjaga pola hidup yang sehat selama kehamilan akan membantu ibu hamil yang menderita penyakit asma untuk persalinan secara normal. Pemantauan janin secara teratur akan membantu anda dalam persalinan. Bagi ibu hamil yang menderita asma, persalinan normal masih mungkin untuk dilakukan sesuai dengan pemeriksaan kesehatan anda dan janin saat memasuki persalinan.

Dr. freddy Dinata, Spog.Terapi Asma Pada Ibu Hamil. http://www.rsazra.co.id
Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Asma. www.bidanku.com
Asma Pada Ibu Hamil. www.mediskus.com
Asma Saat Hamil. www.parenting.co.id

Sharing is caring!

Write a Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Komik KangRespi Edisi Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Oleh: Hastomo Kurata, A.Md, KL Download Komik Sharing is caring!ShareTweetPinGoogle+0shares

Sayangi Parumu, Buang Rokokmu

Oleh Kristi Riyandini, SKM Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 senyawa kimia, 43 diantaranya bersifat karsinogen. Tidak …

Sarapan Sehat Langkah Kecil Untuk Hidup Lebih Sehat

By : Nur Handayani, SKM Sering terburu-buru berangkat beraktifitas dan ga sempat sarapan pagi? Terus saat harus beraktifitas …