Berita

Agar Tetap Fit Selama Berpuasa

Oleh:
Shukhalita Swasti Astasari, S.KM

Setelah berpuasa selama seharian penuh, seringkali kita menjadi kalap dengan mengonsumsi banyak makanan saat berbuka maupun sahur. Padahal, selama puasa kita diperintahkan untuk menahan hawa nafsu termasuk keinginan untuk berlebih-lebihan dalam makan dan minum. Apalagi jika makanan yang kita konsumsi kurang sehat atau tidak memenuhi kadar nutrisi yang kita butuhkan. Untuk itu, agar tetap fit selama berpuasa di bulan ramadhan maka kita perlu menjaga pola makan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini kita perlu cermat untuk memilih makanan yang akan kita konsumsi bersama keluarga. Pastikan jika makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan gizi yang seimbang serta bisa meningkatkan imunitas. Berikut ini 5 jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka dan sahur yang bisa menjadi referensi buat Sahabat Paru sekalian.

1. Kurma

Seperti yang sahabat paru ketahui, kurma adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka. Bahkan, buah kurma juga menjadi buah yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi saat berbuka puasa sebelum makan berat. Pasalnya, buah kurma mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti kalium, tembaga dan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan gula alami dalam buah kurma juga bermanfaat untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

2. Smoothies atau jus

Kabar gembira buat Sahabat Paru yang gemar mengonsumsi smoothies ataupun jus. Health Promotion Board (HPB) sangat merekomendasikan kita semua untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sebanyak dua porsi setiap harinya untuk dua kali makan. Pasalnya, buah-buahan segar memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Pertama, buahan-buahan mengandung banyak serat yang bisa membantu mengenyangkan perut saat lapar serta memperlancar pencernaan. Buah-buahan juga mengandung banyak  vitamin yang bisa membantu meningkatkan imunitas. Selain itu, buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon juga bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa. Jadi buat Sahabat Paru yang ingin tetap fit saat berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi smoothies atau jus saat berbuka maupun sahur.

3. Sup sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sahabat paru juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran saat berbuka maupun sahur baik itu dalam bentuk sup atau salad. Selain memiliki banyak kandungan serat yang bisa memperlancar pencernaan, sayuran juga memiliki beragam nutrisi yang penting untuk kesehatan dan pemeliharaan imunitas tubuh. Seperti asam folat, kalium, zat besi, vitamin A, C dan E. Jadi, jangan lupa untuk makan sayur-sayuran ya, Sahabat Paru.

4. Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik sehingga termasuk ke dalam makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Selain memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, ikan juga mengandung vitamin D yang bisa membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 (asam lemak terbaik) yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga menghidangkan ikan sebagai pendamping nasi saat berbuka atau sahur adalah pilihan yang bijak.

5. Sereal

Buat sahabat paru yang malas makan nasi saat sahur bisa menggantinya dengan sereal. Selain rasanya yang enak dan mengenyangkan, sereal juga memiliki kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin dan mineral. Agar semakin nikmat, kita juga bisa menambahkannya dengan susu yang mengandung banyak sekali kalsium , vitamin B dan mineral yang bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Nah, itu dia 5 jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Jadi, buat Sahabat Paru sekalian, yuk kita jaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan fit saat berpuasa. Sehingga kita bisa tetap produktif dan beribadah dengan khusyuk.

Sharing is caring!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hati-Hati,  Lindungi Anak dan Remaja dari Target Pasar Industri Rokok

Oleh : Nur Handayani, S.KM  Tingginya angka perokok di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bangsa Indonesia. …

Dampak Perubahan Iklim pada Kesehatan Lansia: Ancaman yang Tak Terlihat

Oleh : Arifah B, SKM Perubahan iklim memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan, baik secara langsung maupun tidak …

Kembali Fit Setelah Ramadan dan Lebaran

Oleh : Kristiriyandini, SKM Selama sebulan puasa dibulan ramadhan, umat islam mengalami perubahan pola makan dan perubahan …

Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Puasa

By : Nur Handayani, S.KM Tidak Terasa, kita sudah akan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Persiapan apa nih yang sahabat …

Menyambut Hari Tuberkulosis Sedunia: Tantangan dan Tips Berpuasa bagi Pasien Tuberkulosis selama Bulan Ramadan

Oleh : Shukhalita Swasti Astasari, S.KM Tuberkulosis berada di peringkat ke-13 sebagai penyebab kematian, sementara termasuk …