Berita

TIPS SEHAT SAAT MUSIM HUJAN

Oleh: Nur Handayani, S.KM

Bulan Desember kita memasuki musim penghujan. Dalam kondisi musim hujan saat ini biasanya kita akan mudah terkena beberapa penyakit karena kondisi cuaca. Apalagi virus dan bakteri pada musim hujan akan lebih mudah berkembang. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar badan tetap sehat. Ada beberapa yang bisa kita lakukan agar kita tetap sehat walaupun cuaca diluar sering hujan dan udara dingin. Berikut tips tetap sehat saat musim hujan :

  • Rajin mencuci tangan

Tangan dapat menjadi tempat virus dan bakteri menempel, sehingga cara ampuh untuk membunuh virus dan bakteri, kita harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

  • Meminimalisir intensitas menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, karena virus flu pada umumnya masuk melalui mata, hidung dan mulut yang terbawa oleh telapak tangan yang kotor
  • Melindungi diri dari air kotor atau kubangan air, karena hal tersebut merupakan sumber penyakit dari diare, influenza, kolera, hingga infeksi jamur pada kulit.
  • Cegah perkembangan populasi nyamuk dengan rutin membersihkan rumah, selokan, saluran air, dan tempat-tempat lain yang dapat menjadi tempat perkembangan nyamuk.
  • Jaga pola makan

Asupan gizi penting bagi sistem imun tubuh. Untuk itu penting bagi kita memperhatikan pola asupan makan. Cukupin asupan makan kita dengan makanan bergizi yang mengandung 5 kelompok pangan dalam setiap kita makan. Kelompok tersebut adalah  makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman. Mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan (makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan) setiap kali makan akan lebih baik.

  • Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara sederhana dan mudah tetapi manfaatnya besar. . Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih (lekosit).

Dalam buku Guyton dan Hall, Fisiologi Kedokteran, lekosit berfungsi menyediakan pertahanan yang cepat dan kuat terhadap daerah-daerah tubuh yang mengalami peradangan. Olahraga tidak harus dilapangan ataupun di gym, olahraga dapat pula dilakukan didalam rumah. Waktu olahraga dapat kita atur sesuai dengan jadwal harian kita. Lakukan olahraga secara rutin. Daripada hanya sekadar bermain sosial media, gunakan waktu kita untuk olahraga.

  • Rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan mengandung banyak vitamin. Hal ini dilakukan agar kebutuhan gizi dan vitamin harian kita tercukupi, sehingga mencegah infeksi dari bakteri dan juga virus.
  • Minum air putih yang cukup. Karena dengan tercukupinya kebutuhan air harian kita, maka zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan terbuang, selain itu air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi pasien penderita flu.
  • Melakukan persiapan menghadapi nyamuk demam berdarah dengan rutin membersihkan rumah, saluran air, dan berbagai tempat yang dapat membantu perkembangan nyamuk menjadi lebih cepat.
  • Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari
  • Jaga kualitas tidur

Tubuh butuh istirahat dalam sehari. Penting bagi kita untuk memiliki cukup waktu tidur. Dilansir dari Jurnal tentang rekomendasi waktu tidur yang dikeluakan oleh National sleep Foundation, Washington DC, USA, rekomendasi waktu tidur perhari untuk anak prasekolah usia 3-5 tahun selama 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun selama 9-11 jam, remaja usia 14-17 tahun selama 8-10 jam, usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam, usia dewasa 26-64 tahun selama 7-9 jam, dan usia lansia lebih dari 65 tahun direkomendasikan tidur selama 7-8 jam perhari.

  • Kelola stress

Dalam keseharian seringkali kita mendapat masalah. Terkadang masalah membuat kita stress. Perlu bagi kita untuk belajar mengelola stress. Usahakan kita dapat menenangkan diri dan relaksasi. Dekatkan diri kita kepada Tuhan agar kita lebih tenang dan mendapatkan jalan kemudahan.

  • Tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang

            Sahabat paru, pada dasarnya menjaga kesehatan dan memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita adalah dengan menerapkan pola hidup sehat serta jangan lupa untuk selalu berdoa dan mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Salam sehat!!

Daftar Pustaka

Kemkes RI. Tips Sehat Selama Musim Hujan. https://upk.kemkes.go.id/

Kemkes RI. 5 Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan. https://pusatkrisis.kemkes.go.id/

Rokom Kemkes RI. 2017. 4 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/ tgl 14 Februari 2017

Kemkes RI. 2021. Tips Menjaga Kesehatan dari Paparan Penyakit Saat Musim Hujan. https://pusatkrisis.kemkes.go.id/ tgl 7 Desember 2021

Sharing is caring!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KANKER ITU…….

Oleh: Nur Handayani, S.KM Kita mungkin sudah sering mendengar kata “kanker”. Yang tersirat dalam benak kita tentunya …

Mengapa Anak Perlu Asupan Protein Hewani?

(Hari Gizi nasional 25 januari 2023) Oleh : Nur Handayani, S.KM Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang didunia. …

TIPS SEHAT SAAT MUSIM HUJAN

Oleh: Nur Handayani, S.KM Bulan Desember kita memasuki musim penghujan. Dalam kondisi musim hujan saat ini biasanya kita …

Awas Narkoba! Kenali Dampaknya, Bahaya dan Konsekuensi Hukumnya

Oleh : Kristi Riyandini, SKM NARKOBA merupakan singkatan dari NARkotika, PsiKOtropika, dan Bahan Adiktif lainnya. Narkotika …

STRES

Oleh: Susilawati, SKM Stres dapat dirasakan siapa saja, kapan saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin dan status sosial. …

In House Training (IHT) Medication Error

Oleh: Pokja PKPO Medication error merupakan setiap kejadian yang dapat dicegah, yang menyebabkan penggunaan obat tidak tepat …